Spot Riyadi Jogja, Menikmati Indahnya Candi Prambanan Dari Ketinggian

by - 11:34:00 PM

sumber: hipwee
Hola, bagaimana rencana liburan kalian di akhir pekan? Kalau pas banget ke Jogja, cobain dateng ke Spot Riyadi, eksotika Candi Prambanan dengan bidikan lensa tele bakalan memanjakan matamu.


Eits, sebentar dulu. Kok tiba-tiba ngomongin Spot Riyadi? Pasti nama tempat ini asing di telinga kalian, apalagi saya yang gak ngeh blas saat dikasih tau temen blusukan ada spot bagus di dekat Candi Prambanan.


Saat berangkat ke lokasi ini, pikiran saya sih masih meraba-raba. Jangan-jangan tempat ini sebuah resto canti Abhayagiri itu! Ah sudahlah, sedikit menepis kekhawatiran. Bukannya gak mau ke Abhayagiri, yaitu dia masalahnya. Isi dompet lagi cekak, apalagi pas banget akhir bulan.


Bukan, bukan itu. Saut salah seorang temen meyakinkan kalau kita gak ke Abhayagiri. Okelah, terus kok rutenya ke Abhayagiri? Jadi, spot ini lokasinya dekat banget dari Abhayagiri, namun masih jarang orang yang ke sana. Owalah, begitu thoo. Mbok yo ngomong dari kemaren.


Sekitar sejam, perjalanan kami pun sampai di Spot Riyadi. Memang sih, diliat dari rutenya yang berkelok dan menanjak kek mau masuk belantara hutan, spot ini masih sepi dari pengunjung. Hanya segelintir orang malam itu yang kami temui. Topografi daerah ini memang perbukitan, dengan berbagai potensi wisata yang bisa dinikmati banyak orang.


Horor banget ya rutenya, saut salah seorang teman. Memang sih, jalan menuju ke spot ini belum di aspal, tapi sudah ada jalur semen dua lajur dan jalannya menanjak. Apalagi, saat malam hari hanya segelintir cahaya lampu di sepanjang jalur.

sumber: @nizarzainury
Nah, Spot Riyadi ini masih alamiah. Tak ada tiket masuk, hanya cukup membayar uang parkir. Selain itu, pemilik rumah yang halamnnya digunakan parkir pun menyediakan berbagai minuman hangat dan makanan ringan.


Kalau ke sini, bawa kamera dengan lensa tele. Hasilnya bakal pastinya cantik sekali. Konon spot ini udah lama, namun hanya terkenal di kalangan fotografer dan pesepeda.


Bagaimana rute ke Spot Riyadi?


Spot Riyadi berada di Jalan Candi Miri km.3.5 Dawang Sari, Prambanan. Jikadari Jogja, ambil rute menuju Abhayagiri, di pojok resort ada jalan menanjak berupa cor semen. Hingga ketemu perempatan, lalu ambil kiri. Sekitar 200 meter kita akan sampai di Spot Riyadi.





You May Also Like

1 komentar