SELAMAT DATANG DI BLOG JEJAK GUFRON

Menikmati Eksotisme Kaki Gunung Merapi Menjelang Senja

Jogja, salah satu destinasi wisata populer di Indonesia. Baik wisatawan lokal hingga mancanegara datang ke Jogja di saat musim liburan. Malioboro, Tamansari, Tugu Jogja dan banyak lagi yang lainnya sudah sangat familiar dikalangan wisatawan. Belum lagi kuliner Gudeg yang sudah menjadi ciri khas dan juga Bakpia sebagai oleh-oleh tak terlupakan saat berkunjung ke sini.

Namun, ada beberapa lokasi wisata di Jogja yang saat ini sedang populer, yaitu explore kaki Gunung Merapi. Di mana para wisatawan bisa menikmati keindahan alam pegunungan, menikmati kota Jogja dari ketinggian.

Photo By Tytach
Eksotisme kaki Gunung Merapi yang terletak di dusun Kinahrejo, Cangkringan Sleman. Jogja menjadi salah satu daya tarik wisatawan lokal hingga mancanegara. Tak ayal disaat liburan tiba destinasi ini dipenuhi oleh banyak pengunjung. Banyak tempat yang bisa didatangi seperti menyusuri bekas-bekas letusan dahsyat pada tahun 2010 lalu seperti Makam Mbah Maridjan salah satu contohnya.

Banyak cara menikmati perjalanan seru di kaki Gunung Merapi, seperti menyewa jeep dan juga bisa menggunakan transportasi roda dua meskipun banyak jalan yang dilewati berbatu. Tergantung pilihan dari wisatawan itu sendiri, nah kali ini saya ingin menceritakan serunya explore kaki Gunung Merapi dengan menggunakan supermoto bersama Kracker Jogja.

Kracker Jogja merupakan sebuah komunitas supermoto yang berada di Jogja, namun komunitas ini juga berada di berbagai wilayah di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Malang, Surabaya, dan banyak kota besar lainnya.

Perjalan explore kaki Gunung Merapi bersama teman Kracker Jogja dimulai sekitar jam 2 siang, kami berkumpul di sebuah taman rekreasi yang terletak di Kaliurang. Kurang lebih sekitar 7 kendaraan supermoto, kami pun memutuskan untuk berangkat siang hari sesuai dengan keinginan teman-teman kala itu.

Ready, Go.. Go... Go
Bukan sunrise atau matahari terbit yang kami cari, namun petualangan kali ini lebih dari mengejar eksotisme panorama senja kaki Gunung Merapi yang terkela sangat indah dikala matahari akan tenggelam di ufuk barat.

Dari taman rekreasi Kaliurang, kami pun berangkat menuju kaki Gunung Merapi melewati jalur yang biasa dilewati untuk adventure. Seperti menyusuri Kali Opak, di mana jalur ini merupakan jalur lahar dingin yang mana kami melewatinya dalam keadaan berpasir dan bebatuan dengan berbagai macam ukuran.

Selanjutnya kami dihadapkan dengan jalur yang sangat ekstrem, di mana kami harus berjibaku untuk melewati pasir dan bebatuan yang sangat terjal. Kadang menanjak hingga jalur menurun, semua melaluinya dengan berhati-hati.

Santai Sejenak...
Petualangan kali ini bukan tanpa rintangan, seperti halnya saat salah satu supermoto milik salah seorang teman tak kuat menanjak dan harus didorong dan diangkat bersama-sama. Bahkan ada sebagian dari kami yang sering terjatuh saat melewati medan terjal dan bebatuan. Namun, itu tak menghalangi keseruan petualangan kami.

Banyak sisi-sisi unik dan asyik baik seperti pemandangan dan juga hamparan jalanan kaki Gunung Merapi yang membuat kami betah saat mengendarai supermoto. Rasa capek tak terasa meskipun saat itu harus ekstra tenaga saat menunggangi kendaaraan kami yang lumayan berat.

Tak jarang, dalam perjalanan kami menjumpai truk-truk pasir  yang sedang mengisi muatan dan juga masyarakat yang bekerja menambang pasir dengan alat sekadarnya. Pemandangan itu menjadi bumbu petualangan kami explore kaki Gunung Merapi di kala senja sore menyapa.

1..2..3.. Jepret
Kami pun tak lupa sejenak beristirahat sembari memandangi sisa-sisa erupsi, bebatuan dengan beraneka ukuran, lembah dan juga pemandangan menjelang mata hari tenggelam yang sangat indah.
Petualangan bersama teman terasa sangat berbeda, canda dan tawa mengiringi perjalanan yang kami tempuh. Tentunya sangat seru dan sebagai kenangan yang sulit untuk dilupakan.

Banyak cara menikmati panorama keindahan dan spot-spot lokasi eksotis di kaki Gunung Merapi. Tergantung pilihan kamu sendiri, bahkan saat ini sudah sangat banyak operator perjalanan wisata di kaki Gunung Merapi yang menyediakan paket untuk petualangan adventure dengan harga yang variatif dan juga spot menarik yang banyak ditawarkan.


Gimana? Kamu pasti tak mau melewatkan kesempatan explore kaki Gunung Merapi jika berkesempatan untuk liburan di Jogja.

Share this:

Post a Comment

Featured Post

Pesona Misool, Kepingan Surga di Raja Ampat Yang Wajib Dikunjungi

"Beautiful sceneries, offering breathtaking views." Kata Jono. Saya tak paham, kalimat itu tiba-tiba keluar begitu saja dari bi...

 
Copyright © CERITA PERJALANAN, REVIEW DAN TIPS. Designed by jejakgufron