SELAMAT DATANG DI BLOG JEJAK GUFRON

6 Tips Penting Persiapan Liburan Lebaran Bareng Keluarga Tercinta

Bagi sebagian orang, merencanakan liburan bersama keluarga bukanlah perkara mudah. Menentukan jadwal yang tepat, pemilihan destinasi yang cocok hingga mengatur biaya akomodasi dan transportasi.

Salah satu momen liburan bareng keluarga yang umum di masyarakat yaitu saat lebaran. Yup, liburan lebaran tak hanya menjadi ajang silaturahmi namun juga bisa memperkuat ikatan kekeluargaan terutama bagi sanak famili yang hidup di tanah rantau.

Jangan sampai, momentum eksklusif bareng keluarga berantakan hanya karena persiapan yang kurang matang. “Tak ada persiapan terlalu pagi” tulis Pramoedya Ananta Tour menuliskanny dalam Child All Nation.

Di zaman modern, segala infomasi tentang liburan sangat mudah untuk digali. Tak sedikit informasi segala sesuatu terkait liburan bareng keluarga baik momen lebaran atau akhir tahun/tahun baru bisa kalian temukan. Salah satunya tulisan ini, 7 Tips Penting Persiapan Liburan Lebaran Bareng Keluarga Tercinta

  1. Jangan beli tiket pesawat mendadak

Source : huffingtonpost

Kisah klasik, momen liburan berantakan hanya karena tiket yang diinginkan tak bisa didapat. Seharusnya hal tersebut bukanlah masalah serius andai saja pembelian tiket dilakukan jauh hari. Saat lebaran, semua orang membutuhkan tiket sama hal-nya dengan yang kalian harapkan. So, jangan kaget bila tiket yang sesuai keinginanmu bisa ludes jauh hari sebelum lebaran.

Belilah tiket beberapa bulan sebelumnya, tak sedikit juga pihak maskapai yang memberikan promo potongan biaya untuk momen tertentu seperti lebaran. Cukup rajin memantau penyedia jasa pembelian tiket secara online seperti tiket.com, traveloka dan sebagainya.

  1. Tentukan destinasi wisata yang ramah keluarga

71d615231a2dbe846c30db928b0b45c4.jpg
Source : absolutedreamvacation

Nah, yang ini lumayan penting kalau nggak mau diomelin sama pakde, bukde, mbah atau sanak famili yang lain. Jangan pilih spot destinasyang membutuhkan ekstra tenaga karena sulitnya medan misalnya, harus mendaki, treeking, memanjat dan sebagainya.

Come on man, keluarga tentu terdiri dari beberapa generasi dan pastinya kemampuan fisik udah pada berkurang. Kalau dipaksakan, suasana liburan bareng keluarga bakal kacau balau.

Jangan ukur kekuatan fisik keluarga setara dengan kemampuanmu yang masih muda. Bedakanlah secara bijak, tawarkanlah untuk ikut kalau pun terpaksa harus pergi ke tempat yang butuh ekstra tenaga.

  1. Pesan hotel yang bersahabat bagi keluarga muslim

rhadana-hotel-di-kuta-bali-mushalla.jpg
Mushalla Hotel Rhadana Kuta Bali
Source : trava.id

Tak hanya sebagai tempat istirahat dan transit, hotel menjadi pengganti rumah bagi keluarga disaat liburan. Pemilihan hotel pun harus dilakukan dengan tepat, jangan sampai tempat inap keluarga nggak mendukung liburan lebaran keluarga kalian.

Selain menyediakan tempat ibadah seperti mushalla, hotel yang memiliki sertifikat halal food memiliki nilai lebih bagi keluarga kalian. Liburan akhir tahun / tahun baru pasti sangat ramai dan restoran halal pastinya bakal sangat penuh dan ramai. So hotel dengan fasilitas menu halal lebih efektif, makannya nggak perlu ke luar hotel kan.

  1. Pentingnya menu halal

IMG_9032.jpg
IMG_9028.jpg
Menu halal food di Oasis Lagoon Sanur Bali Dok. Pribadi

Menu halal penting bagi keluarga muslim disaat berwisata, menentukan tempat makan harus dilakukan sedini mungkin. Liburan ke Bali misalnya, banyak travel blogger yang mengulas bagaimana mudahnya menemukan restoran halal bagi keluarga.

Industri pariwisata halal sudah mulai diperhitungkan, terutama menyangkut halal food. Tak hanya Indonesia, beberapa negara minoritas muslim di dunia seperti Taiwan mulai tingkatkan fasilitas wisata yang ramah bagi keluarga muslim.

  1. Dukungan MUI terhadap wisata halal

3a4e4ad06c6f247b45a0e121551421066c885c25-fa6d9.jpg
Source : Wonderfull Indonesia

Potensi Indonesia dan industri wisata halal sangat menjanjikan, meskipun saat ini Malaysia masih berada di depan Indonesia. Dengan 80% lebih populasi muslim dari 250 juta jiwa, sudah saatnya indonesia menjadi poros wisata halal dunia.

Dorongan pun datang dari Majelis Ulama Indonesia, MUI ingin pelaku wisata halal di Indonesia tumbuh meningkat. Program wisata halal harus digarap serius, hal tersebut tertuang dalam fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) Nomor 108/DSN-MUI/X/2016 tentang pedoman penyelenggaraan pariwisata berdasarkan prinsip syariah.

  1. Pilih jasa travel yang support wisata halal

Banner Ribuan Tour Halal Cheria.jpg
Source : Cheria Halal Tour

Semakin meningkatnya pamor halal lifestyle, semakin tumbuh juga pelaku wisata yang terjun di industri wisata halal. Salah satunya Cheria Halal Holiday, banyak penawaran menarik wisata halal yang bakal membuat keluarga senang. Kalian bisa liburan halal ke seluruh dunia lho, seperti Paket Tour Wisata Halal Beijing, Paket Tour Wisata Halal Eropa di Cheria Halal Holiday. Nggak kaku banget sih, Cheria Halal Holiday juga membebaskan kalian untuk request fasilitas sesuai keinginan keluarga kalian.

Selain itu, pemilihan jasa travel wisata yang support wisata halal bakal memudahkan kalian yang super sibuk. Tak perlu risau, jadwal yang rapi hingga menu makan terjamin kehalalannya. Kemudahan tersebut bisa kalian rasakan saat memutuskan menggunakan jasa travel yang dukung wisata halal. Selain itu, kalian juga secara tidak langsung mendukung industri halal di Indonesia sebagai motor ekonomi nasional lho.

Nah, itulah beberapa tips dan informasi seputar wisata halal di indonesia dan bagaimana mempersiapan secara matang liburan wisata halal bersama keluarga. Pastinya kalian nggak mau kan liburan berakhir mengenaskan, tapi Insyallah nggak bakalan terjadi jika udah bersiap jauh hari.


Share this:

2 comments :

  1. kalau sudah berwisata dengan halal insyaaAllah jadi tenang ya, gak perlu khawatir terhadap makanan dan waktu shalat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, itulah salah stau kelebihan berwisata halal.

      Delete

Featured Post

Pesona Misool, Kepingan Surga di Raja Ampat Yang Wajib Dikunjungi

"Beautiful sceneries, offering breathtaking views." Kata Jono. Saya tak paham, kalimat itu tiba-tiba keluar begitu saja dari bi...

 
Copyright © CERITA PERJALANAN, REVIEW DAN TIPS. Designed by jejakgufron