SELAMAT DATANG DI BLOG JEJAK GUFRON

Air Terjun Kembang Soka, Hidden Paradise Yang Wajib Kamu Kunjungi Di Jogja

photo by @fdg_pamungkas

Berpetualang di Jogja tentu tak cukup waktu sehari saja, butuh waktu berhari-hari untuk menikmati detinasi kece dan keren di Jogja. Mulai dari wisata alam, budaya dan warisan budaya hingga pesisir pantai yang eksotis di kota yang terkenal dengan kuliner gudeg-nya ini. Sarana transportasi udara sudah jamak digunakan banyak traveler menuju Jogja, tiket pesawat yang terjangkau menjadi alasannya. Banyak maskapai yang melayani rute ke Jogja, seperti Citilink, AirAsia dan banyak lagi maskapai dengan persaingan tiket pesawat yang murah.

Salah satu yang menarik perhatian dan masih sedikit dikunjungi wisatawan adalah destinasi tersembunyi di Kulon Progo, yaitu Air Terjun Kembang Soka.

Beberapa bulan yang lalu, saya dan teman kantor di Jogja memang berencana untuk menghabiskan akhir pekan di air terjun Kembang Soka. Namun, beberapa diantara teman kantor tiba-tiba mengurungkan niatnya karena pelbagai hal. Akhirnya rencana tersebut urung terlaksana dan masih berharap di realisasikan dikemudian hari bersama teman-teman. Air Terjun Kembang Soka tak jauh dari Kota Jogja, sekitar dua jam berkendara menuju wilayah Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo.

"Yuk ke air terjun" celoteh seorang teman asal Kalimantan saat saya dan teman FDG selesai bekerja menjadi buruh kamera didaerah Godean, Jogja.

"Wah pas banget tuh, di sana ada air terjun keren bro", Saya menjawab dengan penuh sukacita.

"Boleh tuh, yuk berangkat. Sekalian refreshing dan hunting," jawabnya meyakinkan.

Akhirnya, saya dan tiga teman buruh kamera berangkat menuju ke Air Terjun Kembang Soka. Menurut Google Maps,lokasi terakhir kami di Godean ternyata sudah sangat dekat dengan air terjun ini, kurang lebih satu jam berkendara dengan rute bekelok naik turun. Tapi, pemandangan kiri kanan ampun kerennya. Perbukitan denganlembah yang hijau lebat, persawahan luasa dan petani yang sedang sibuk bekerja di ladang mereka. Pemandangan ini membuat nafas semangat semakin segar, pokok e nggolek seng seger-seger ben gak kesel.

Sampai di lokasi,kami pun membayar tiket masuk Rp.4 ribu/orang. Murah Banget bukan?


Mejeng di pintu masuk
Rute meuju air terjun, menuruni anak tangga sekitar 10 menitan
Jembatan Bambu
Jembatan bambu ini kuat banget, kami bisa wefie di sini
Akses menuju Air Terjun sangat bagus, terdapat dua jembatan instagramable abis yang bisa kamu lewati saat menuju/balik dai air terjun.


Damn, indah banget..
Mata airnya seger abis
Kolamkece ini bisa buat berenang lho...
Selain itu, kamu juga bisa berenang di sebuah kolam dengan air berwarna hijau tosca. Mandi di kolam yang dialiri dari mata air Kembang Soka ini sangat segar dan dingin pastinya, maklum saat itu kami sampai di lokasi sore hari.

Nyeburrr...
Bagaimana Rute Menuju Air Terjun Kembang Soka?

Bila kamu berencana mengunjungi air terjun indah dan cantik ini. Dari Kota Jogja, kamu tinggal ambil arah menuju jalan Godean, lurus hingga ketemu pasar Godean. Lurus, ikuti jalan menuju pegunungan Menoreh Kulon Progo. Ikuti arah menuju objek wisata Goa Kiskendo, setelah melewati objek wisata goa ini tinggal lurus sampai mentok, ambil kiri dan ikuti jalan sampai menemukan ucapan selamat datang di Air Terjun Kembang Soka di sebelah kiri.

Rambu dan arah papan penunjuk terpampang jelas, bisa juga tanya langsung kepada setiap orang yang kamu temui di jalan untuk sekadar mencari informasi arah.

#Airpaz #AkuCintaIndonesia

Info tambahan :
Sewa kolor buat mandi : Rp. 5 ribu
Sewa Ban Dalam : Rp. 3 ribu
Sewa Life Jacket : Rp. 3 ribu
Gorengan: Rp. 500
Teh Hangat : Rp. 2000



Share this:

3 comments :

  1. Wah sungguh menakjubkan ya berwisata ke daerah" Indonesia, apalagi kita juga pergi berwisata ke Ranah Minang yang merupakan kampung halaman saya juga hehe...

    ReplyDelete

Featured Post

Pesona Misool, Kepingan Surga di Raja Ampat Yang Wajib Dikunjungi

"Beautiful sceneries, offering breathtaking views." Kata Jono. Saya tak paham, kalimat itu tiba-tiba keluar begitu saja dari bi...

 
Copyright © CERITA PERJALANAN, REVIEW DAN TIPS. Designed by jejakgufron