Mimpi menikmati keindahan Tana Toraja

by - 8:58:00 PM


Indonesia terkenal dengan kearifan lokalnya, salah satu tempat itu adalah Tana Toraja. Wisata andalan Sulawesi Selatan ini dikenal dengan upacara kematian yang mengorbankan ratusan kerbau dan babi. Kerennya, bukan hanya wisatawan lokal, bahkan traveler dari mancanegara pun mengenalnya. Tak heran kan jika Tana Toraja menjada salah satu wisata andalan di pulau Sulawesi.

Selain kearifan lokal, pesona alam dari Tana toraja menawarkan pemandangan pegunungan yan indah. Berada di dataran tinggi mebuat hawa di Tana Toraja tentunya dingin. Cocok buat pejalan seperti saya yang tinggal di Yogyakarta. Hehe.

Sebelum kesampaian mengunjungi Tana Toraja, persiapan matang sudah saya rencanakan jauh hari sebelum ayam berkokok, eh itu kepagian haha. Maksudnya ambil ancang-ancang sebelum tiba di perjalanan sesungguhnya. Pertama, Transportasi darat, laut, udara menjadi pilihan yang sulit diputuskan, modal cekak mana bisa beli tiket pesawat yang harganya hampir sejuta. Maklum kantong anak jaman sekarang yang nggak doyan nabung,hah. Setelah diperhitungkan setengah matang, akhirnya transportasi udara dan darat menjadi pilihan. Why? baca dong tulisan di bawah ini.

Setelah cek info sana sini di mbah gugel bergaya detektif 007, rinciannya seperti ini.

1. Setelah di check di airpaz, pilihan penerbangan menuju Bandara International Sultan Hasanuddin, Makassar dari Yogyakarta ternyata ada salah satu maskapai Sriwijaya Air dan tiketnya gak terlalu mahal, meskipun tinggal menyesuaikan dengan isi kantong. Intinya disuruh nabung dulu. hehe. Perhitungan biayanya pulang pergi, tetap semangat nabungnya.



Transportasi Darat 

1. Setelah tiba di Bandara, Naik Damri atau Taksi menuju kota Makassar 
2. Untuk menuju Toraja dari Makassar ternyata ada 2 pilihan, naik pesawat atau naik bus. Demi menjaga kelangsungan hidup isi dompet, saya memilih transportasi darat alias bus.
Setelah menelisik lebih jauh ternyata ada banyak bus yang melayani Makassar - Toraja PP dengan harga tiket berkisar Rp. 100.000,- sampai Rp. 150.000. Lumayanlah harga segitu dengan perjalanan Makassar - Toraja sekitar 8 jam. Tipsnya memilih bus yang berangkat pada jam malam agar bisa tiba Toraja pada pagi hari. Jadi kalau sampai Makassar siang, bisa keliling dong kita, kita???? kan sendirian, hadeh.

Setelah 8 jam melintasi pulau Sulawesi, maka akan tiba di pool bus toraja pemberhentian terakhirnya di kota Rantepao, tips hematnya jika hanya trip sehari jangan lupa beli tiket bus terlebih dahulu dan pilihlah yang pemberangkatan terakhir. Asik transportasi selama di Toraja anda bisa rental motor, maklum single fighter traveler. 

Nah, tinggal hitung biaya transportasi darat pulang pergi. beres, nabung jangan lupa. hehe.


Info lokasi yang kudu dikunjungi

Ada 2 pilihan mau eksplore Toraja bagian utara atau Toraja bagian selatan.
1. Tana Toraja bagian selatan meliputi: Kete' kesu, Lemo, Londa, Tilanga, Kambira, Suaya, dan city tour Rantepao 
2. Tana Toraja bagian Utara meliputi Batutumonga, Bori', Pasar Bolu, Lokomata, Singki' dan City tour Rantepao 

Saran dari salah satu travel blogger sih eksplore Tana Toraja bagian selatan jika hanya sehari. Wisata Toraja didominasi makam tebing dan goa, pemandangan alam, upacara kematian dan spot-spot indah lainnya. Nggak kuatir tiket masuk tempat wisata murah loh, hehe antara Rp. 10.000 dan ada juga Rp. 5.000.

Akomodasi

Hasil telisik penginapan Murah di kota Rantepao ada Wisma Maria I lokasinya dekat dari pusat kota Rantepao. Penginapan Murah di Batutumonga ada "Mama Rina Homestay", harganya nggak bikin kantong jebol deh.

Kuliner

Kudu coba Pappiong dan Tori - Tori.

Semoga tahun ini bisa ke Tana Toraja. Nggak sabar pergi kesana. Kalian nggak pengen coba ke Tana Toraja?

#Keliling Nusantara Menikmati Keindahan Indonesia
#TiketGratisAirpaz

You May Also Like

2 komentar

  1. Wahh..Toraja, semoga menang tiket pesawat gratis dari airpaz.com yahhh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih kaka, dapet free 5orebu kok meskipun gak menang,hehe

      Delete